The Naqshbandi Sufi Tradition


Guidebook of Daily Practices and Devotions
Penulis: Syekh Muhammad Hisyam Kabbani QS
ISBN 1-930409-22-2, Paperback. 352 pp.

Salah satu mazhab spiritual Islam terkemuka, yaitu Tarekat Sufi Naqsybandi mempunyai sejarah yang panjang dan termashyur sejak periode awal Islam. Dipimpin oleh para Syekh dari Mata Rantai Emas—yang merupakan para pewaris pengetahuan spiritual Nabi SAW dan para awliya—Tarekat Naqsybandi selalu memerankan peranan penting sebagai poros utama dalam kehidupan di dunia Muslim dan telah berhasil bertahan dalam menghadapi gejolak dan berbagai permasalahan di abad yang lalu untuk menjadi salah satu dari sedikit tradisi mistis yang autentik, yang tetap mempertahankan silsilah dengan masa lalunya. Visi spiritual yang istimewa dari para wali Naqsybandi ini termanifestasi dalam pengabdian mereka yang teguh dan praktik-praktik ibadah harian yang berakar dengan kuat pada Alquran dan Sunah Nabi SAW. Praktik-praktik ibadah ini sanggup membangkitkan keyakinan yang kuat dari para pencari (saalik) yang tulus untuk mencapai maqam kedekatan dengan Hadirat Ilahi. Kebangkitan kembali tarekat ini pada abad ke-21, atas usaha yang tidak kenal lelah dari Mawlana Syekh Muhammad Nazim al-Haqqani QS, mengisyaratkan adanya perubahan yang segera terjadi di masyarakat kita, di mana para pengikutnya akan dianugerahkan kemampuan untuk menembus batas-batas indera fisik guna memenuhi potensi-potensi yang belum pernah terjamah dalam setiap hati manusia. Peribadatan menurut tata cara Naqsybandi adalah sebuah sumber cahaya dan energi, laksana sebuah oasis di gurun pasir duniawi. Melalui manifestasi Berkah Ilahiah yang dianugerahkan kepada para pengikut ritual mulia ini, mereka akan dianugerahi kekuatan penyembuhan hati, yang dengan itu mereka dapat menyembuhkan hati manusia yang menjadi gelap karena materialisme dan kedangkalan spiritual. Kami berdoa agar setiap orang yang membeli buku tuntunan ibadah ini dengan niat yang tulus untuk melakukan setiap praktik-praktik ibadah di dalamnya akan menerima sebagian dari rahmat dan manifestasi yang telah dianugerahkan kepada para wali besar di masa-masa yang lalu.


One of the distinguished schools of Islamic spiritual discipline, the Naqshbandi Sufi Order has a long and illustrious history from the first days of Islam. Led by the shaykhs of the Golden Chain-inheritors of spiritual knowledge from Prophet Muhammad-the Naqshbandi Order has always played a central, pivotal role in the life of people in the Muslim world and survived the turmoil and tribulations of the past century to remain one of the few authentic mystical traditions maintaining a living link with its ancient past. The extraordinary vision of the Naqshbandi Saints was manifest in their establishment of fixed devotions and daily practices firmly rooted in the Qur'an and Sunnah of the Prophet. These practices have enabled devout seekers to awaken certainty of belief and to attain stations of nearness to the Divine Presence. The renewed prominence of this order at the turn of the 21st century, due to the indefatigable striving of Mawlana Shaykh Muhammad Nazim al-Haqqani, signals an impending change to our society in which aspirants to Divine Service will be granted to transcend the bounds of the physical senses in order to fulfill the unexplored potential in each human heart. The Naqshbandi Devotions are a source of light and energy, an oasis in a worldly desert. Through the manifestations of Divine Blessings bestowed on the practitioners of these magnificent rites, they will be granted the power of magnanimous healing, by which they seek to cure the hearts of mankind darkened by the gloom of spiritual poverty and materialism. We pray that each person who picks up this book of devotions with sincere intention to observe any of its efficacious practices will receive a portion of the blessings and manifestations bestowed on the greatest saints of earlier times.

1 komentar:

Magguru mengatakan...

Senang Sekali Rasanya Dapat Informasi dari Blog ini, tolong berikan aku Informasi apa yang bisa saya ikut kerja atau bentu di dalam karya ini?
Aku mencari pekerjaan walau saya ....
Terima kasih,

Nurdin
nurdin_tompo@yahoo.co.id/ 02191389233/085244919972